Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Menggunakan Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Kemampuan Menggosok Gigi Anak Tunagrahita pada Masa Pandemic Covid-19
Abstract
Coronavirus disease (COVID-19) berdampak pada dihentikannya seluruh kegiatan sekolah termasuk kegiatan belajar mengajar, dan lain sebagainya menjadi penghambat dalam proses pembelajaran anak di sekolah termasuk menghambat proses pembelajaran anak tunagrahita. Tunagrahita memiliki batas dalam menerima informasi yang diberikan disebabkan oleh kurangnya fungsi kognitif. Anak tunagrahita perlu diberikan upaya yang lebih untuk menjaga kesehatan gigi anak tunagrahita agar tetap sehat. Tujuan penelitian adalah mengkaji pengaruh pendidikan kesehatan gigi menggunakan audio visual terhadap pengetahuan dan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita pada masa pandemi COVID-19. Metode sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh sebanyak 20 orang. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian sesudah diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut menggunakan audio visual didapat rata-rata tingkat pengetahuan anak tunagrahita meningkat dari 2,25 menjadi 1,20 dan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita meningkat dari 2,60 menjadi 1,85, hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value = 0,000 (<0,05). Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan gigi dan mulut menggunakan audio visual terhadap tingkat pengetahuan dan kemampuan anak tunagrahita pada masa pandemi COVID-19.
There is no Figure or data content available for this article
References
- Astati. Wardani, I A. Hernawati, T., & Somad, P. (2007). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Budiman dan Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
- Burhan, Erlina. (2020). Pneumonia COVID-19 Diagnosis dan Penatalaksanaan di Indonesia. Jakarta: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).
- Desiningrum, Dinie Ratri. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
- Masturoh, I dan Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
- Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Nurbayani, Siti, Pudentiana, Sri Lestari. (2014). Bahan Ajar Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: EGC.
- Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press
- Siyoto, Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
- Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
- Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Media: Perdana Publishing.
- Amalia, Rizki. (2020). Perbandingan Antara Karantina Wilayah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan dan Akibat Hukumnya. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
- Anwidya FA S, Ngatmain. (2017). Pengaruh Lagu Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Down Syndrome (Studi Kasus Pada Shinta). Stilistika; 10.
- Ardina MD. (2017). Implementasi Pembelajaran Musik Untuk Mengembangkan Mental dan Psikomotor Anak Penderita Down Syndrome. Harmonia; 12(2).
- Chintyasari, Shaula. (2018). Pengaruh Sosialisasi Menggosok gigi Menggunakan Audio visual Terhadap Penurunan Indeks Plak Anak Tunagrahita Ringan-Sedang (Tinjauan Pada Siswa SMP Tunagrahita di SLB C Negeri Pembina Kalimantan Selatan). Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi. Tersedia di: http://digilib.ulm.ac.id.
- Fatmasari, Diyah. Rasipin. Santoso, Bedjo. Supriyana. (2019). Mogigu (menggosok asyik dengan lagu) to increase brushing teeth of the elementary school. Journal of Applied Health Management and Technology, vol. 1, no. 1, hh. 16-22.
- Hardiyanti, Fachruniza P. (2016). Peningkatan Kemampuan Menggosok gigi Pada Anak Tungrahita Kategori Sedang Kelas IV di SLB-C Rindang Kasih Secang. Skripsi. Tersedia di: prints.uny.ac.id/41436/
- Hidayat, R dan Tandiari, A. (2016). Kesehatan Gigi dan Mulut apa yang sebaiknya anda tahu?. Yogyakarta. Penerbit CV Andi Offset, diakses pada : https://www.google.co.id/books/edition/Kesehatan_Gigi_dan_Mulut_Ap a_yang_Sebaik/?hl= tanggal 7 Januari 2021
- Husna, N. (2019). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi dengan Media Pop Up Book dan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Siswa SDN Rowocacing Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
- Julia, Dianita Rahmah. Yani, Ristya Widi Endah. Budirahardjo, Roedy. (2018). Hubungan Jenjang Pendidikan terhadap Perilaku Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Tunagrahita di SLB Kota Sidoarjo (The Correlation between Education Level and Oral Health Behaviour of Intelectual Disability Children in SLB Sidoarjo). Tersedia di: e-journal Pustaka Kesehatan, vol. 6 (no. 2), Mei, 2018.
- Junirianda, Fetriseli Gestia. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Secara Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak SDN 28 Sebotuh di Kabupaten Sanggau. Tersedia di: https://jurnal.untan.ac.id, vol. 3, No 1 (2015).
- Kemenkes RI. (2020). Situasi Terkini Perkembangan Novel Coronavirus (COVID-19). Diakses pada 28 Desember 2020 dari https://www.kemkes.go.id/
- Kunto E, Hariyanto T, Ardiyani VM. (2017). Hubungan Pola Kebiasaan mendengarkan musik dengan prestasi belajar mahasiswa program studi ilmu keperawatan universitas tribhuwana tunggadewi Malang Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan. 2017; 2(1)
- Motto, C. J., Mintjelungan, C. N., & Ticoalu, S. H. (2017). Gambaran Kebersihan Gigi dan Mulut pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB YPAC Manado. e-GiGi, 5(1). Tersedia di: https://ejournal.unsrat.ac.id
- Muliyani, Rezky. (2018). Perbedaan Jenis Perilaku Agresi Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas IX IPS di SMA Negeri 11 Palembang. Skripsi. Tersedia di: http://eprints.radenfatah.ac.id/
- Nofindra. (2019). Ingatan, Lupa, dan Transfer dalam Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, Vol. IV (No. 1/2019). Tersedia di: https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id
- Nurhidayat, dkk., (2012). Perbandingan Media Power Point dengan Flip Chart dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut. Unnes Journal Health, 1 (1).
- Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Diakses pada 20 Februari 2021 dari https://eppid.kominfo.go.id.
- Pratiwi S. L, Isnur H, dan Rosihan A. (2019). Efektivitas Penyuluhan Menyikat Gigi Metode Horizontal Antara Demonstrasi dan Video Terhadap Penurunan Plak (Tinjauan Pada Siswa Tunagrahita SMPLB/C Dharma Wanita Persatuan Banjarmasin). Dentin Jurnal Kedokteran Gigi. Vol 3, No 2. Tersedia di: http://ppjp.ulm.ac.id/
- Primawati, Rena Setiana. (2019). Musik, Tari dan Lagu Tentang Menyikat Gigi Dalam Peningkatan Pengethuan, Praktik Menyikat Gigi dan Status Kebersihan Gigi-Mulut Pada Anak Down Syndome. Tesis. Tidak Diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
- Rachmawati, Anggun. (2019). Perbedaan Efektivitas Menggosok gigi Menggunakan Kayu Siwak Dengan Sikat Gigi Konvensional Terhadap Penurunan Debris Indeks Siswa MI Ma’arif Candran Yogyakarta. Skripsi. Tersedia di: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id.
- Safitri. (2018). Pengaruh Penerapan Aplikasi Sehati (Sayang ke Buah Hati) Berbasis Android Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Sikat Gigi. Global Medical and Health Communication. 2018;6(1):68–73. Tersedia di: https://ejournal.unisba.ac.id/
- Sharfina. (2017). Pengaruh Edukasi Menggosok gigi Secara Audio-Visual Terhadap Pengetahuan dan Sikap Menggosok gigi Siswa SD Muhammadiyah Kalangan Banguntapan Yogyakarta. Skripsi. Tersedia di: http://repository.umy.ac.id/
- Sitanaya, R. I. (2017). Pengaruh Teknik Menyikat Gigi terhadap Terjadinya Abrasi pada Servikal Gigi. Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar, 16 (1). Tersedia di: http://www.journal.poltekkes-mks.ac.id
- Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2, No 2, Juli 2018. Tersedia di: http://journal.univetbantara.ac.id/
- Vidyawati, Anindita. (2019). Efektivitas Audio visual Klasik Untuk Menciptakan Suasana Hati Positif Pada Siswa SMP Semen Gresik. Vol 14 No 1: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.934.
- Vollono, C., Rollo, E., Romozzi, M., Frisullo, G., Servidei, S., Borghetti, A., & Calabresi, P. (2020). Focal Status Epilepticus as Unique Clinical Feature of COVID-19: A Case Report. Europian Journal of Epilepsy, 78(2020), 109–112. Diakses dari https://doi.org/10.1016/j.seizure. 2020.04.009
- Windiyana F, Rosihan A, dan Aulia A. (2020). Efektivitas Penyuluhan Menggunakan Lagu “Gigi Sehat” Terhadap Penurunan Plak di Barito Kuala. Dentin Jurnal Kedokteran Gigi. Vol 4, No 1. Tersedia di: http://ppjp.ulm.ac.id/
- World Health Organization. (2020). World Health Organization Coronavirus Disease 2019 Global Situation 2020. Diakses pada 28 Desember 2020 dari https://covid19.who.int/
- Zulfikri. (2017). Efektivitas Pasta Gigi yang Mengandung Ekstrak Siwak (Salvador Persica) dalam Menurunkan Skor Plak Gigi. Vol 11 No 74. Tersedia di: http://jurnal.umsb.ac.id/