Buku Saku Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Pertumbuhan Gigi Sulung
Abstract
Pengetahuan orang tua mengenai periode pertumbuhan gigi sulung membantu dalam segi perawatan gigi dan mencegah kebiasaan buruk anak sejak dini. Sebagian besar orang tua memiliki pengetahuan yang kurang mengenai pertumbuhan gigi sulung dan cara perawatannya. Tujuan penelitian mengetahui ada/tidaknya peningkatkan pengetahuan responden dengan buku saku dan mengetahui penilaian responden terhadap kelayakan penggunaan buku saku. Metode penelitian buku saku dilakukan di Posyandu RT 10 Bangunjiwo Kasihan Bantul yang melibatkan 8 ibu bayi/balita dan 6 kader posyandu setempat. Pelaksanaan dimulai dengan pengisian pretest, pemberian buku saku dan penyuluhan melalui video, pengisian posttest dan lembar penilaian kelayakan buku saku. Penentuan meningkat atau tidaknya tingkat pengetahuan dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor responden sebelum dan sesudah diberi penyuluhan dengan buku saku. Skor rata-rata responden naik 29,6% hingga sebesar 76,1 setelah diberikan penyuluhan menggunakan buku saku. Pada uji penilaian kelayakan buku saku, didapatkan nilai secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata sebesar 4,37 (87,45%) Buku saku dapat meningkatkan pengetahuan responden mengenai pertumbuhan gigi sulung. Buku saku dinilai oleh responden sangat layak untuk digunakan ibu bayi/balita.
There is no Figure or data content available for this article
References
- Abdat, Munifah. “Pengetahuan Dan Sikap Ibu Mengenai Gigi Sulung Anaknya Serta Kemauan Melakukan Perawatan Knowledge and Attitude of Mothers Regarding Children’S Primary Teeth & Willingness for Treatment.” Cakradonya Dent J 10, no. 1 (2017): 18–26.
- Afandi, Ahmad, and Nurhamida Sari Siregar. “Efektivitas Buku Saku Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Atlet Unimed Atletik Club (Uac).” Kesehatan dan Olahraga 4, no. 2 (2019): 8.
- Ahmady, Ahmady, and Agus Erwin Ashari. “Efektifitas Buku Saku Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pendamping Ibu Nifas Di Kabupaten Mamuju.” Jurnal Kesehatan Manarang 4, no. 2 (2018): 122.
- Asyhari, Ardian, and Helda Silvia. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran IPA Terpadu.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5, no. 1 (April 24, 2016): 1–13.
- D.L., Caesar, and Dewi E.R. “Pengaruh Media Buku Saku Terhadap Pengetahuan Tentang Sanitasi Lingkungan Pada Kader Kesehatan Desa Cranggang.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 6, no. 1 (2018): 137–146.
- Dewi, Tita Kartika, and Rani Rahayu Syafitri. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Persistensi Gigi Pada Anak Usia 6-12 Tahun Di MI Nagarakasih 2.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi 1, no. 3 (2020).
- Festiawan, Rifqi, and Novita Intan Arovah. “Pengembangan ‘Buku Saku Pintar Gizi’ Untuk Siswa: Alternatif Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga.” PAJU: Physical Activity Journal 1, no. 2 (2020): 188–201.
- I., Prasasti, and Zubaidah Z. “Hubungan Peran Orang Tua Dalam Kebersihan Gigi Dan Mulut Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak (TK) PGRI Kelurahan Ngesrep Semarang.” Diponegoro University, 2016.
- Manohar, J., and G. Mani. “Knowledge and Attitude of Parents Regarding Children’s Primary Teeth & Their Willingness for Treatment.” Journal of Pharmaceutical Sciences and Research 9, no. 2 (2017): 194.
- Notoatmodjo, S. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
- Pratiwi, Arie, Siti Sulastri, and Siti Hidayati. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Jadwal Pertumbuhan Gigi Dengan.” Jurnal Gigi dan Mulut 1, no. 1 (2014): 12–18.
- Sariningsih, Endang. Merawat Gigi Anak Sejak Dini. Elex Media Komputindo, 2014.
- Sax, G. Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation. Wadsworth Publishing Company, 1997.
- Sulistyani, and Nurul Hidayati Dyah. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pockest Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X.” J Pendidik Fis 1, no. 1 (2013): 164–72.
- Suwelo. Karies Gigi Pada Anak Dengan Berbagai Faktor Etiologi: Kajian Pada Anak Usia Prasekolah. Jakarta: EGC, 1992.
- Utari, W., and R. Novayelinda. “Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga Tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa).” Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau 1, no. 1 (2014): 1–7.