201
Abstract Views
228
PDF Download
Articles

Hubungan Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Perilaku Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut pada Ibu-Ibu PKK

Pages 29-38

Abstract

Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang dapat membentuk perilaku seseorang, kurangnya pengetahuan akan membentuk perilaku yang keliru terhadap menjaga kebersihan gigi dan mulut. Berdasarkan studi pendahuluan terdapat 55,5% ibu-ibu yang memiliki perilaku sedang dikarenakan kurangnya pengetahuan dan perilaku menjaga kebersihan gigi dan mulut dalam menerapkan dikehidupan sehari-hari Diketahuinya hubungan pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut dengan perilaku menjaga kebersihan gigi dan mulut pada ibu-ibu PKK. Jenis penelitian menggunakan penelitian survey analitik, dengan rancangan penelitian menggunakan cross sectional. Variabel independent pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut dan variabel dependent perilaku menjaga kebersihan gigi dan mulut. Populasi seluruh ibu PKK Dusun Jomboran, Desa Sidoarum, Kec. Godean, Kab. Sleman Yogyakarta sebanyak 33 responden. Teknik pengambilan sampel total atau sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan perilaku. Analisis data uji Kendall Tau. Pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut ibu-ibu sebagian besar termasuk dalam kategori cukup  sebanyak (48,5%). Sedangkan perilaku menjaga kebersihan gigi dan mulut ibu-ibu sebagian besar kategori sedang sebanyak (69,7%). Hasil uji Kendall Tau didapatkan hasil adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut dengan perilaku menjaga kebersihan gigi dan mulut pada ibu-ibu, dinyatakan dengan nilai p = 0,005 atau p < 0,05 sedangkan besarnya hubungan dinyatakan dengan nilai korelasi Kendall Tau = 0,469  yang berarti arah hubungan positif dengan kekuatan hubungan yang cukup kuat. Pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut berpengaruh terhadap perilaku menjaga kebersihan gigi dan mulut pada ibu-ibu PKK.

There is no Figure or data content available for this article

References

  • Ariyanto A. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemeliharaan Kebersihan Gigi Dan Mulut di Kelurahan Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. J Anal Kesehat. 2019;7(2):744.
  • Gianyar N, Handoko SA, Dokter P. Hubungan Perilaku Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Terhadap Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa Pengguna Alat Orthodontik Cekat DI SMA Negeri 1 Gianyar. Bali Dent J. 2020;4(September):88–94.
  • Suryani L. Hubungan Pengetahuan Kebersihan Gigi Dengan Gingivitis Pada Wanita Pubertas Di MTS Babah Krueng. J Mutiara Ners, 1-4. 2021;4(1):1–4.
  • Yusmanijar, Abdulhaq M. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Perilaku Perawatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Di SD Islam Al Amal Jaticempaka. Univ Islam As-syafi’iyah Jakarta. 2018;2(3):100–90.
  • Lintang JC, Palandeng H, Leman MA. Hubungan Tingkat Pengetahuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Tingkat Keparahan Karies Gigi Siswa Sdn Tumaluntung Minahasa Utara. e-GIGI. 2015;3(2).
  • Budiharto. Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan Dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Buku Kedok. Lilian J, editor. Jakarta; 2013.
  • Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar [Internet]. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018. p. 198. Available from: http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
  • Bebe Z., Susanto H., Martini. Faktor Risiko Kejadian Karies Gigi Pada Orang Dewasa Usia 20-39 Tahun Di Kelurahan Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2018;6(1):365–74.
  • Warni L. Hubungan Perilaku Murid SD Kelas V dan VI Pada Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Status Karies Gigi Di Wilayah Kecamatan Delitua Kabupaten Deli Serdang Tahun 2009. Tesis. 2009.
  • Helmawati. Buku Pendidikan Keluarga. PT Remaja. Muliawati NL, editor. 2016.
  • Fauzi ED. Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Status Karies Pada Anak Tunarungu Di Slb Negeri Pembina Medan. Univ Sumatera Utara. 2020;
  • Natamiharja, L M. Peran Orangtua Terhadap Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak dan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Kelas II SD Medan. Jounal USU Medan. 2012;163.
There is no Supplemental content for this article.

How to Cite This

Fatmawati, S. D. (2022). Hubungan Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Perilaku Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut pada Ibu-Ibu PKK. Journal of Oral Health Care, 10(1), 29–38. https://doi.org/10.29238/ohc.v10i1.1637

Article Metrics

Download Statistics

Downloads

Download data is not yet available.

Other Statistics

Verify authenticity via CrossMark
Copyright and permissions information is unavailable

Data Availability