259
Abstract Views
457
PDF Download
Articles

Efektivitas Metode Ceramah dan Metode Bermain Ludo Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut

, ,
Pages 49-55

Abstract

Salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak adalah kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rata-rata pengetahuan siswa kelas VI di SD Negeri 3 Pandanpancur Lamongan mengenai pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dalam kategori kurang.


Untuk meningkatkan pengetahuan perlu diberikan suatu pendidikan, salah satunya dengan penyuluhan. Salah satu faktor keberhasilan suatu penyuluhan adalah pemilihan metode penyampaian yang tepat.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode ceramah dan metode bermain Ludo terhadap tingkat pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut siswa kelas VI di SD Negeri 3 Pandanpancur.


Jenis penelitian ini adalah experiment menggunakan rancangan penelitian pretest and posttest group design pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Pandanpancur Lamongan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-whitney.


Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bermain ludo lebih efektif daripada metode ceramah dalam meningkatkan pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.

There is no Figure or data content available for this article

References

  • Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 52–59.
  • Dewi, M. M. (2018). ??No Title No Title No Title. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/1079/3/BAB II.pdf
  • Dewi, N. L. P. P., Sujana, I. W., & Tirtayani, L. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Berbantuan Media Audio Bisik Berantai terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak kelompok B di TK Gugus Sandat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(Vol 5,No 3 (2017)), 315–324.
  • Hambali, S., & Sutiswo. (2019). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 27–32.
  • Hanif, F., & Prasko. (2018). Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video Dan Boneka Tangan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 05(02), 1–6.
  • Hapzah, & Nurbaya. (2021). Penyuluhan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Asupan Sayur dan Buah Anak SD. Jurnal Kesehatan Manarang, 7, 16–20.
  • Indrawati, L., Larasati, R., & Purwaningsih, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah Dan Role Play Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 2(2), 276–282.
  • Jatmiko, S. W., Romanda, F., & Hidayatullah, M. A. A. (2018). Pengaruh Penyuluhan Metode Ceramah dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penyakit Tuberkulosis. Jurnal Litbang Sukowati, 2, 1–7.
  • Khadijah, & Zahriani, N. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia DIni Teori dan Strateginya. Merdeka Kreasi.
  • Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120.
  • Marhadi. (2019). Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education Volume, 7(2), 19–31.
  • Minasari, A., Indraswati, D., Purwasito, A., & Setiawan, I. A. (2021). Perkenalan Dunia Internasional sebagai Pendidikan Multikutural pada Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Puzzle. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2124–2133.
  • Mulyono., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
  • Nisa, K., & Zakiyaturrosyidah. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Agama Islam Melalui Permainan Ludo Edukasi di SMPN 2 Perak Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49–57.
  • Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126.
  • Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Manghadapi Era New Normal. SELL Journal, 5(1), 55.
  • Rastini, N. K., & Marwati, N. M. (2018). Dengan Metode Ceramah Kombinasi Media Video. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(1), 13–22.
  • Saputra, I. (2018). Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35.
  • Sihombing, K., Rosma, M., & Realita, L. A. (2020). Gambaran Pengetahuan Anak Tentang Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Metode Ceramah Dan Media Puzzle Pada Siswa/I Di Sd Negeri Lubuk Pakam. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 15(3), 463–469.
  • Sirappa, R. H., & Marthen. (2017). Efektivitas Metode Temu Lapang Dalam Percepatan Adopsi Varietas Unggul Baru ( Vub ) Padi Mendukung Ketahanan Pangan. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 894–899.
  • Soniawan, V., & Irawan, R. (2018). Metode Bermain Berpengaruh Terhadap Kemampuan Long Passing Sepakbola. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 322214.
  • Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137.
  • Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2020). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang sadari di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Promkes, 6(2), 116–128.
There is no Supplemental content for this article.

How to Cite This

Khoirun Ni’mah, S., Astuti , K. ., & Isnanto, I. (2022). Efektivitas Metode Ceramah dan Metode Bermain Ludo Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut . Journal of Oral Health Care, 10(1), 49–55. https://doi.org/10.29238/ohc.v10i1.1639

Article Metrics

Download Statistics

Downloads

Download data is not yet available.

Other Statistics

Verify authenticity via CrossMark
Copyright and permissions information is unavailable

Data Availability