264
Abstract Views
291
PDF Download
Articles

Hygiene Index Siswa dalam Menyikat Gigi dengan Teknik Kombinasi Vertikal Horizontal dan Fone’s Horizontal

, , , , ,
Pages 1-7

Abstract

Pendahuluan: Plak merupakan deposit lunak yang melekat erat pada permukaan gigi. Salah satu usaha untuk mengontrol pembentukan plak adalah tindakan secara mekanis yaitu menyikat gigi. Ada beberapa teknik menyikat gigi yang dianjurkan anak-anak. Setiap teknik mempunyai kelebihan dan kekurangan. Supaya gigi dan mulut dapat dibersihkan dengan maksimal dapat dilakukan teknik kombinasi yang mempunyai efek saling melengkapi. Tujuan: mengetahui perbedaan perbedaan hygiene index murid yang menyikat gigi dengan teknik kombinasi vertikal horizontal dan Fone’s horizontal di SDN 11 Aur Kuning Kota Bukittinggi. Metode: pre-experiment dengan rancangan “pretest and postest”. Teknik pengambilan sampel adalah sensus sebanyak 46 orang. Pengumpulan data melalui observasi dan perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji T-Test. Temuan penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hygiene index murid yang menyikat gigi dengan teknik kombinasi vertikal horizontal dan Fone’s horizontal dengan p-value = 0,110 dengan rata-rata selisih peningkatan hygiene index sebesar 40,26% sebelum dan sesudah menyikat gigi dengan teknik kombinasi vertikal horizontal dan 33,24% pada teknik kombinasi Fone’s horizontal. Kesimpulan: kedua teknik ini sama-sama dapat meningkatkan hygiene index. Teknik kombinasi vertikal horizontal lebih efektif dalam meningkatkan hygiene index. Disarankan kepada murid sekolah dasar untuk menyikat gigi sesuai dengan teknik kombinasi yang sudah diajarkan 


 

There is no Figure or data content available for this article

References

  • Prasetyowati Silvia, P. E. (2018). Efektifitas Cara Menyikat Gigi Teknik Kombinasi terhadap Plak Indeks. Kesehatan Gigi Vol.6, 5-11.
  • Putri, M. H. (2012). Ilmu Pencegahan Penyakit Jaringan Keras dan Jaringan Pendukung Gigi. Jakarta: EGC.
  • Arifin M. Samsul, R. H. (2016). Pentingnya Mengenal Kesehatan Gigi dan Problematika Gigi. Yogyakarta: Deepublish.
  • Kemenkes. (2018). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembagan Kesehatan.
  • Suyatmi Dwi, E. S. (2013). Sikat Gigi Metode Kombinasi Efektif Menurunkan Skor Plak. Jurnal Teknologi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Volume 9 Nomor 2, 60-62.
  • Haryanti Destiya Dewi, R. A. (2014). Efektivitas Menyikat Gigi Metode Horizontal, Vertical dan Roll terhadap Penurunan Plak pada Anak Usia 9-11 Tahun. DENTINO - Jurnal Kedokteran Gigi Volume II Nomor 2, 150-154.
  • Agung, S. (2021). Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Dilengkapi Tuntunan Membuat Proposal Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.
  • Tri, W. (2018). Efektivitas Teknik Menyikat Gigi Scrub dan Fone’s terhadap Penurunan Indeks Plak Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Ilmiah dan Teknologi Kedokteran Gigi FKG Mustopo, 44-47.
  • Ayudia, R. (2016). Perbedaan Efektifitas Menyikat Gigi dengan Metode Roll dan Horizontal pada Anak Usia 8 dan 10 Tahun di Medan. Cakradonya Dent J, 1-76.
  • Yuriperwita, P. (2014). Efektifitas Teknik Menyikat Gigi Metode Roll dan Horizontal terhadap Kebersihan gigi dan Mulut Anak Usia 8-11 Tahun di SDN Tunjung Sekar Kota Malang. Dentistry Thesis FKG universitas Brawijaya.
  • Munadirah, S. M. (2019). Efektifitas Metode Sikat Vertikal Dan Horizontal terhadap Penurunan Indeks Plak pada Anak Usia 9-11 Tahun di MI DDI Sepange di Desa Tungke Kec. Bengo, Kab. Bone Sulawesi Selatan. Media Kesehatan Gigi, 30-33.
  • Choirunnisa Muthia, A. P. (2015). Perbedaan Efektifitas Menyikat Gigi Metode Horizontal dan Fone's terhadap Penurunan Indeks Plak Gigi pada Anak Tunanetra Usia 6-13 Tahun di Semarang. ODONTO Dental Jurnal Volume 2, Nomor 2, 36-40.
  • Manson JD, E. B. (2013). Buku Ajar Periodonti. Jakarta: EGC.
  • Sharma Sarika, Y. R. (2012). Effect of toothbrush grip on plaque removal during manual toothbrushing in children. J Oral Sci, 2012.
  • Mielczarek Agnieszka, B. T. (2013). An Assessment of the Effect of Manual and Electric Toothbrushes on Hard and Soft Oral Tissue. Dent. Med, 472-475.
  • Srivasta N, V. A. (2013). A Comparative Evaluaiton of Efficasi of Different Teaching Methode of Toothbrushing in Children Contributors. Oral Hyg Health.
There is no Supplemental content for this article.

How to Cite This

Yuzar, Y. ., Aljufri, Sriani, Y. ., Herawati, N., Lisnayetti, & Alhamda, S. (2023). Hygiene Index Siswa dalam Menyikat Gigi dengan Teknik Kombinasi Vertikal Horizontal dan Fone’s Horizontal. Journal of Oral Health Care, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.29238/ohc.v11i1.1764

Article Metrics

Download Statistics

Downloads

Download data is not yet available.

Other Statistics

Verify authenticity via CrossMark
Copyright and permissions information is unavailable

Data Availability