212
Abstract Views
172
PDF Download
Articles

Status Kebersihan Gigi dan Mulut Ibu Hamil Penderita Gingivitis

, , ,
Pages 43-49

Abstract

Pendahuluan: Gingivitis merupakan salah satu jenis penyakit periodontal yang sangat rentan terjadi apabila kebersihan gigi dan mulut pada ibu hamil tidak terjaga dengan baik. Perubahan gingiva biasanya mulai terlihat pada kehamilan usia dua bulan dan akan mencapai puncaknya pada bulan kedelapan kemudian akan menurun dua bulan pasca persalinan. Keparahan gingivitis tidak akan berkurang apabila faktor lokalnya tidak dihilangkan. Tujuan: untuk mengetahui hubungan status kebersihan gigi dan mulut dengan status gingivitis pada ibu hamil. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Gondomanan Kota Yogyakarta pada bulan November 2022 dengan jumlah sampel 40 responden. Teknik sampling adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pemeriksaan status kebersihan gigi dan mulut (OHI-S) dan status gingiva (GI). Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik spearman rank. Hasil: Terdapat 12 ibu hamil memiliki status OHI-S baik, 19 ibu hamil memiliki OHI-S sedang, dan 9 ibu hamil memiliki status OHI-S buruk. Terdapat 12 ibu hamil memiliki status gingiva sehat, 22 ibu hamil memiliki status peradangan ringan, 6 ibu hamil memiliki status peradangan sedang, dan tidak ada yang memiliki peradangan berat. Hasil uji korelasi spearman rank diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa status kebersihan gigi dan mulut mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan status gingivitis pada ibu hamil di Puskesmas Gondomanan Kota Yogyakarta.

There is no Figure or data content available for this article

References

  • Hidayati, H., Kuswardani, K., & Rahayu, G. (2012). Pengaruh kebersihan gigi dan mulut dengan status gingivitis pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang tahun 2012. Majalah Kedokteran Andalas, 36(2), 215-224.
  • Kesehatan, K. (2018). laporan Riset kesehatan dasar 2018.
  • Profil Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta (2015).
  • Diana. 2009. Pengetahuan, sikap dan prilaku wanita hamil pengunjung poliklinik obstetry dan ginekologi (obgyn) rsu dr.pringadi medan terhadap kesehatan gigi dan mulut selama masa kehamilan. Skripsi Kedokteran Gigi. Medan: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.
  • Wardhani, D. F. (2012). Hubungan Tingkat Kebersihan Rongga Mulut Dengan Status Gingiva Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sumbersari Kecamatan Sembersari Kabupaten Jember. Skripsi. Jember. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas.
  • Notoatmodjo (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
  • Notoatmodjo (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
  • Putri, M. H. Herijulianti. E. dan Nurjannah. N. (2012). Ilmu Pencegahan Penyakit Jaringan Keras dan Jaringan Pendukung Gigi. Jakarta: EGC.
  • Putri, M. H., Herijulianti, E., & Nurjannah, N. (2010). Ilmu pencegahan penyakit jaringan keras dan jaringan pendukung gigi. Jakarta: EGC, 25.
  • Stein, Ellen J. & Weintraub, Jane A. (2010). Oral Health During Pregnancy And Early Childhood: Evidence-Based Guidelines For Health Professionals. Journal of The California Association. California: California Dental Association Foundation. H.412.
  • Siswosuharjo, S., 2005. Panduan Super Lengkap Hamil Sehat. Penebar Plus, Jakarta.
  • Trisnayati, 2014. Status Penyakit Periodontal pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Rapping Kabupaten Sidrap (berdasarkan usia kehamilan dan tingkat pendidikan). Skripsi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanudin, Makassar.
  • Wardhani, (2010). Hubungan antara Tingkat Kebersihan Rongga Mulut dan Status Gingiva Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Lemo. Skripsi. Jember. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas.
There is no Supplemental content for this article.

How to Cite This

Purwaningsih , Y. ., Sutrisno, S., Almujadi, & Wibowo, H. . (2023). Status Kebersihan Gigi dan Mulut Ibu Hamil Penderita Gingivitis. Journal of Oral Health Care, 11(1), 43–49. https://doi.org/10.29238/ohc.v11i1.1826

Article Metrics

Download Statistics

Downloads

Download data is not yet available.

Other Statistics

Verify authenticity via CrossMark
Copyright and permissions information is unavailable

Data Availability