217
Abstract Views
108
PDF Download
Articles

Pengaruh Promosi Menggunakan Media Flipchart "Jakesgi” Terhadap Pengetahuan Dan Motivasi Menjaga Kesehatan Gigi Pada Remaja

,
Pages 93-100

Abstract




Latar Belakang: Remaja sering mengabaikan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, padahal pada masa pubertas remaja sangat rentan terhadap masalah kesehatan gigi dan mulut. Salah satu kegiatan promosi kesehatan adalah memberikan kemampuan atau keterampilan kepada remaja agar mampu menjaga dan meningkatkan kesehatannya sendiri. Media yang digunakan untuk promosi adalah flipchart, agar remaja dapat lebih memahami pentingnya pengetahuan untuk menjaga kesehatan gigi dan termotivasi untuk menjaga kesehatan gigi. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh promosi menggunakan media flipchart JaKesGi terhadap pengetahuan dan motivasi menjaga kesehatan gigi pada remaja. Metode: Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest with control group design. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Sleman, Yogyakarta periode penelitian Mei – Oktober 2023. Sampel penelitian remaja usia 12-15 tahun dengan teknik purposive sampling. Pelaksanaan penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi dipromosikan dengan media flipchart, kelompok kontrol dengan media leaflet. Variabel pengaruhnya adalah promosi dengan menggunakan media flipchart, variabel tersebut dipengaruhi oleh pengetahuan dan motivasi pada remaja. Analisis data dengan uji paired t-test dan independent sample test. Hasil: Pengetahuan remaja sebelum diberikan promosi dengan kriteria sedang sebesar 64% dan setelah diberikan promosi meningkat menjadi kriteria baik sebesar 86%, sedangkan motivasi sebelum diberikan promosi dengan kriteria sedang sebesar 54% dan setelah diberikan promosi meningkat menjadi kriteria tinggi sebesar 98%. Rata-rata tingkat pengetahuan sebelum promosi sebesar 8,92 dan sesudah promosi sebesar 11,84 dengan selisih sebesar 2,92, serta rata-rata motivasi sebelum promosi sebesar 9,76 dan sesudah promosi sebesar 13,28 dengan selisih rata-rata sebesar 3,52. Kesimpulan: Promosi menggunakan media flipchart JakesGi berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan motivasi menjaga kesehatan gigi pada remaja.  

 





There is no Figure or data content available for this article

References

  • Garcia, A. F. G., Fernandes, L. V., Farias, T. S. S. de, D’Avila, S., & Menezez, A. L. C. V. A. Adolescents’ Knowledge of Oral Health: A Population-Based Study. Revista Odonto Ciência. 2010; 25(4) : pp. 361–366.
  • Senjaya, A. A. and Yasa, K. A. T. Hubungan Pengetahuan dengan Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa Kelas VII di SPMN 3 Selemadeg Timur Tabanan Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Gigi. 2019; 6(2): p. 19.
  • Riyanti, E. & Saptarini R. 2010. Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Melalui Perubahan Perilaku Anak. Majalah Kedokteran Gigi. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran.
  • Kholid, A. Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers; 2012.
  • Kantohe Z., Wowor V., G. Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi Menggunakan Media Video Dan Flip Chart Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak. Jurnal e-Gigi (eG). 2016; 4(2): pp. 96–101.
  • Kusumawardani, E. Buruknya Kesehatan Gigi dan Mulut. Yogyakarta: Hanggar Kreator; 2011.
  • Wiradona, I., Widjanarko, B., dan Syamsulhuda, B M. Pengaruh Perilaku Menggosok Gigi Terhadap Plak Gigi Pada Siswa Kelas IV Dan V Di SDN Wilayah Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia. 2016; 8 (1):pp. 59–68.
  • Nurseto, T. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 2011. h.25-31.
  • Rahtyanti, G.C.S, Hadnyanawati, H. dan Wulandari, E. 2018. Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Karies Gigi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Tahun Akademik 2016/2017. Pustaka Kesehatan 6 (1): 167
  • Lendrawati, 2012. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Masyarakat untuk Mempertahankan Gigi Tetap karena Karies pada Pasien yang Berkunjung Ke Puskesmas di Kotamadya Padang. Tesis, Pasca Sarjana UGM, Yogyakarta
  • Notoatmodjo, S. 2010. Buku Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Agustin, M. 2013. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Ooklet Dibandingkan Audiovisual Terhadap Engetahuan Orang Tua Tentang Karies Gigi Pada Anak Usia 5-9 Tahun Di Desa Makamhaji. Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.
  • Susilowati, D. Promosi Kesehatan. Jakarta : BPSDMKes RI; 2016.
  • Negara, R. H. S., Hendarto. Penggunaan Media FlipChart Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas IV SDN Gunung Anyar Tambak. JurnalJPGSD. 2014. Vol 2(2).
  • Notoatmodjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.
  • Sanaky, H. A. H. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, p. h.3,5,44. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara; 2013.
  • Suiraoka, I, P. dan Supariasa. I. D. Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012.
There is no Supplemental content for this article.

How to Cite This

Yuniarly, E., & Haryani, W. (2024). Pengaruh Promosi Menggunakan Media Flipchart "Jakesgi” Terhadap Pengetahuan Dan Motivasi Menjaga Kesehatan Gigi Pada Remaja. Journal of Oral Health Care, 11(2), 93–100. https://doi.org/10.29238/ohc.v11i2.2043

Article Metrics

Download Statistics

Downloads

Download data is not yet available.

Other Statistics

Verify authenticity via CrossMark
Copyright and permissions information is unavailable

Data Availability