PERAN MAHASISWA DALAM BERETIKA TERHADAP DOSEN PADA SAAT PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PROGRAM STUDI DIPLOMA.III KEPERAWATAN CURUPPERAN MAHASISWA DALAM BERETIKA TERHADAP DOSEN PADA SAAT PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PROGRAM STUDI DIPLOMA.III KEPERAWATAN CURUP
Abstract
PERAN MAHASISWA DALAM BERETIKA TERHADAP DOSEN PADA SAAT PROSES BELAJAR MENGAJAR
DI PROGRAM STUDI DIPLOMA.III KEPERAWATAN CURUP
Peneliti : Rustam Aji.
Program Studi Keperawatan Curup Politeknik Kesehatan Bengkulu
Alamat Email : adjieroestamadjie@gmail.com.
ABSTRAK
Kehidupan kampus, merupakan salah satu sasaran strategis terjadinya degradasi moral dan etika perilaku. Etika Perilaku mahasiswa kepada dosennya mengalami penurunan dari masa ke masa. Sebagai warga kampus mahasiswa akan berkomunikasi dengan dosen. Dalam hubungannya ini, etika dalam berperilaku akan berperan penting dan menuntut tingkah laku untuk bersikap baik.
Penelitian bertujuan mengetahui pentingnya mahasiswa beretika saat proses belajar mengajar berlangsung didalam kelas dan lingkungan kampus. Lokasi penelitian di Program Studi D.III Keperawatan Curup penelitian jenis kualitatif. Hasil diketahui bahwa informan seluruh (100%) pernah melanggar peraturan kampus. Sebagian dari (66,67 %) pernah satu kali melanggar peraturan kampus.Sebagian (66,67%) pernah membaca buku peraturan mahasiswa. Sebagian (66,67%) pernah satu kali di tegur dosen. Hampir seluruh (83,33%) pernah langsung di nasehati, dibimbing dan diarahkan.Setengah (50%) pernah membaca buku peraturan mahasiswa.Sebagian (66,67%) mengerti dan jelas arti etika.Sebagian (66,67%) Pernah satu kali didalam kelas saat belajar.Hampir seluruh (83,33%) pernah satu kali di tegur dosen. Sebaiknya peraturan akademik etika perilaku mahasiswa tertulis, di tempel di kelas serta dibaca saat apel pagi.
Kata Kunci : Peran, etika dan Proses Belajar Mengajar.
There is no Figure or data content available for this article