86
Abstract Views
130
PDF Download
Articles

Pengaruh Penyuluhan dengan Media Flip Chart Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Dental Floss pada Siswa SMP

Pages 109-118

Abstract

Dental floss yang belum cukup dikenal di Indonesia menjadi penyebab kurangnya pengetahuan tentang dental floss. Kurangnya pengetahuan tentang dental floss mengakibatkan kurangnya kesadaran dalam penggunaan dental floss. Penyuluhan tentang dental floss merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang dental floss, salah satunya yaitu penyuluhan dengan media flip chart. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan rancangan non-equivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini yaitu 60 responden sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 2 Ngemplak. Data dianalisis menggunakan uji IndependentT - Test. Tingkat pengetahuan terbanyak pada kelompok eksperimen sebelum penyuluhan yaitu kriteria sedang sebanyak 80%) dan sesudah diberikan penyuluhan yaitu kriteria tinggi sebanyak 97 %. Tingkat pengetahuan terbanyak pada kelompok kontrol sebelum diberikan penyuluhan yang terbanyak yaitu kriteria sedang sebanyak  (90%) dan sesudah diberikan penyuluhan yaitu kriteria sedang sebanyak  responden (90%). Berdasarkan hasil uji Independent T- test diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 artinya ada perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang dental floss pada kelompok eksperimen dan kontrol sehingga dapat diketahui penyuluhan dengan media flip chart berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang dental floss pada siswa SMP. Penyuluhan dengan media flip chart berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang dental floss pada siswa SMP.

There is no Figure or data content available for this article

References

  • Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
  • Alfitrasari, L., Kusmana, A., Rahayu, C., Miko, H. (2019). Gambaran Kebersihan Gigi dan Mulut pada Murid Kelas VI yang Diberi Penyuluhan Menyikat Gigi dengan dan tanpa Metode Demonstrasi di SDN 1 Setiamulya Kota Tasikmalaya Tahun 2019. Jurnal ARSA (Actual Research Science Academic), 4(1), 1-7.
  • Magfirah, A., Widodo, Rachmadi, P. (2014). Efektivitas Menyikat Gigi Disertai Dental Floss Terhadap Penurunan Indeks Plak. Dentino (Jurnal Kedokteran Gigi), 2(1), 56-59.
  • Suryanti, N., Bahar, A., Rahardjo, A., Seniati, A. N., Maharani, D. A. (2019). Validity and Reliability of the Indonesian Version of Oral Hygiene Behavior Index Questionnaire: A Cross Sectional Study among Young Adolescents in Junior High School in Bandung, Indonesia. Journal of International Dental and Medical Research, 12(2), 633-639.
  • Munadirah. (2017). Gambaran Perilaku Ibu Hamil Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut di Kelurahan Sapaya Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Jurnal Media Kesehatan Gigi, 16(1), 8-18.
  • Madan, C., Arora, K., Chadha, V. S., Manjunath, B. C., Chandrashekar, B. R., Moorthy, V. R. (2014). A Knowledge, Attitude, and Practices Study Regarding Dental Floss Among Dentist in India. Journal of Indian Society of Periodontology, 18(3), 361-368.
  • Bagaray, F. E., Wowor, V. N., Mintjelungan, C. N. (2016). Perbedaan Efektivitas DHE dengan Media Booklet dan Media Flip Chart Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 126 Manado. Jurnal e-GiGi, 4(2), 76-82.
  • Putra, R. M., Iswari, M., Irdamurni. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kalimat Sederhana Bagi Anak Autis Melalui Media Flip Chart. E-JUPEKhus (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(1), 109-119.
  • Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Imron, Moch dan Munif, Amrul. (2010). Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan. Jakarta: Sagung Seto.
  • Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas Sekolah Menengah Kejuruan atau Bentuk Lain yang Sederajat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  • Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Tauchid, S. N., Prudentiana, Subandini, S. L. (2017). Buku Ajar Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: EGC.
  • Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
  • Ramadhanti, C. A., Adespin, D. A., Julianti, H. P. (2019). Perbandingan Penggunaan Metode Penyuluhan Dengan dan Tanpa Media Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 8(1), 99-120.
  • Putri, N. A. (2019). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Lembar Balik (Flip Chart) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang ASI Eksklusif di Puskesmas Tuban Kabupaten Tuban. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
  • Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Tiora, R. dan Sandra, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Flip Chart (Lembaran Balik) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa SMPN 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019/2020. Serupa The Journal of Art Education, 8(3).
  • Hamida, K., Zulaekah, S., Mutalazimah. (2012). Penyuluhan Gizi Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Keamanan Makanan Jajanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat 8(1), 67-73.
  • Mubarak, W. I., Chayatin, N., Rozikin, K., Supradi. (2007). Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Fitriani, S. (2011). Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Abadi, M. F. (2017). Bentuk Media Edukasi Perilaku Seksual Berisiko Untuk Remaja Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Badung Propinsi Bali. Bali Medika Jurnal, 4(2), 84-100.
  • Negara, R. H., dan Hendratno. (2014). Penggunaan Media Flipchart untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Deskripsi Kelas IV SDN Gunung Anyar Tambak. JPGSD (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 2(2).
There is no Supplemental content for this article.

How to Cite This

widayati, aryani. (2022). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Flip Chart Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Dental Floss pada Siswa SMP. Journal of Oral Health Care, 9(2), 109–118. https://doi.org/10.29238/ohc.v9i2.1355

Article Metrics

Download Statistics

Downloads

Download data is not yet available.

Other Statistics

Verify authenticity via CrossMark
Copyright and permissions information is unavailable

Data Availability