Pengaruh Penyuluhan Gizi Dengan Media Explosion Box dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Isi Piringku Pada Anak SD di Aceh
Abstract
Salah satu faktor yang menyebabkan masalah gizi pada anak sekolah dasar yakni kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Edukasi mengenai pendidikan gizi merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan gizi dengan memberikan pendidikan gizi menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media explosion box dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan anak sekolah dasar. Penelitian ini menggungankan quasi experiment dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design/Nonrandomized pretest-posttes control group design. Intervensi yang diberikan adalah edukasi pengetahuan gizi isi piringku menggunakan media explosion box dan leaflet. Sampel penelitian kali ini siswa kelas V SD Negeri di Lhokseumawe yang dipilih secara random dengan memperhatikan strata sekolah, dengan masing masing sebanyak 40 siswa. Pengetahuan diukur menggunakan kuisioner yang akan diberikan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Data perbedaan rata-rata nilai pengetahuan di analisis menggunakan uji Paired sample T-Test. Hasil penelitian menyatakan bahwa media explosion box meningkat 2,7 nilai probabilitas p=0,000. Sementara diketahui hasil nilai rerata pengetahuan menggunakan media leaflet meningkat 1,6 p=0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah media explosion box lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai gizi isi piringku dibandingkan media leaflet.
There is no Figure or data content available for this article
References
- Kementrian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2014 tentang pedoman gizi seimbang. Jakarta (ID): Direktorat Jendral Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak; 2014
- Notoadmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT Rineka Cipta; 2003
- Notoadmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT Rineka Cipta; 2007
- Notoadmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT Rineka Cipta; 2010
- Kementrian Kesehatan RI. Kebutuhan energy dan zat gizi pada remaja berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013. Jakarta; 2013
- Matwiejczyk L. Characteristics of Effective Interventions Promoting Healthy Eating for PreSchoolers in Childcare Settings : An Umbrella Review. 2018. doi:10.3390/nu1003029
- Sadiman, S.A., Rahardjo. R., Haryono. A., & Rahardjito. 2005. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada; 2005
- Yusuf T. Teori Belajar Dalam Praktik. (Alauddin University Press, ed.). Makassar; 2013.
- Bluemel dan Taylor..Pop Book : A Guid For Teacher And Libraroans. Usa. Library Of Congress Cataloging In Publication Data; 2012
- Ameisya. Pengaruh Penyuluhan Gizi dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Konsumsi Sayur dan Buah pada Remaja Kelas 1 SMP Negeri 1 Padalarang. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung; 2020
- Awaliyah, S. Pengaruh penyuluhan gizi melalui media permainan ular tangga dan cerita bergambar terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada anak sekolah usia 7-12 tahun di Kelurahan Indrakasih Medan Tembung. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara; 2020.
- Hayatli, Miftahurrahmah El. Pengaruh Media Roda Putar dan Explosion Box Terhadap Pengetahuan, Sikap dalam Konsumsi Sayur Buah di MIN 10 Asahan. Universitas Sumatera Utara; 2020.
- Hidayah E, Hidayat N, Siswati T. Efektivitas Efektivitas Penyuluhan Gizi melalui Roda Putar dan Leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang pada Siswa Sekolah Dasar [Internet]. JURNAL NUTRISIA [Internet]. 30Mar.2021 [cited 22Apr.2022];23(1):22 -31. Available from: https://www.nutrisiajournal.com/index.php/JNUTRI/article/view/206
- Fatimah, A. S., & Weni, K. Efektivitas Penyuluhan Gizi Menggunakan Media PGS Cards Dibandingkan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pedoman Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta; 2019
- Minkkinen A, Lindfors P, Jaankinnunen E, Pauliina, M V, Sakarikarvonen, Arjarimpela. Health as a Predictor of Students ’ Academic Achievement : A 3-Level Longitudinal Study ABSTRACT. (2017;87).
- Muscari, M. E. Panduan Belajar Keperawatan Pediatrik Edisi 3. EGC; 2005
- Kemenkes RI BL. Laporan Riskesdas 2013 Nasional. Jakarta, Indonesia; 2013.
- Kemenkes RI BL. Laporan Riskesdas 2018 Nasional. Jakarta, Indonesia; 2018.
- Kemenkes RI. Laporan Riskesdas Aceh 2018. Jakarta, Indonesia: Badan Litbangkes Kemenkes RI; 2018
How to Cite This
Copyright and Permissions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publishing your paper with Jurnal Teknologi Kesehatan (Jurtekkes) means that the author or authors retain the copyright in the paper. Jurtekkes granted an exclusive reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, even commercially. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by Jurtekkes in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
Jurtekkes journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. This license lets others remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Jurtekkes journal Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA). Articles can be read and shared for All purposes under the following conditions:
- BY: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- SA: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.