Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang dan Kemandirian Anak di TPA Athahira Pendowoharjo: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang dan Kemandirian Anak di TPA Athahira Pendowoharjo
Abstract
Pengertian kemandirian dalam pendidikan karakter adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Mandiri bagi anak sangat penting karena dengan sifat mandiri, anak tidak akan mudah bergantung kepada orang lain. Pola asuh yang diterapkan orang tua pada anaknya memberikan pengaruh cukup besar dalam kehidupan anak di masa mendatang. Setiap tahapan tersebut memerlukan pemahaman dan pemantauan rutin dari orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap tumbuh kembang anak serta kemandirian anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Dengan metode tersebut dapat memberikan pemahaman terhadap orang tua mengenai pola asuh yang baik sehingga anak akan terhindar dari perilaku yang menyimpang. Dengan demikian penelitian ini berisi kutipan-kutipan secara deskriptif untuk memberikan gambaran penyajian laporan
There is no Figure or data content available for this article
References
- Elizabet B Hurlock. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. 2012;191.
- Kartikahadi LA, Soetjiningsih S, Ardjana IGAE, Windiani IGAT. Comparison of maternal anxiety scores in pediatric intensive care unit and general ward parents. Paediatr Indones. 2012;52(2):95.
- Fatimah L. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang. J Pros Semin. 2012;1(2).
- Desmita. Psikologi Perkembangan.Bandung?: PT Remaja Rosada. 2015.
- Sri Asri A. Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. J Ilm Sekol Dasar. 2018;2(1):1.
- Krisdiyanto, E., Arwani & P. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 3-5. Vol. 047. 2018. p. 9.
- Dharma K, Dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. 2013. p. 160.
- Hasan M. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press; 2009.
- Azzeti MA. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media; 2011.
- McCusker K, Gunaydin S. Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfus (United Kingdom). 2015;30(7):537–42.
- Ahsanulkhaq M. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Vol. 2, Jurnal Prakarsa Paedagogia. 2019. p. 13.
- Hidayat Taufik. Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan. Jurnal Study Kasus. 2019. p. 128.
- Siyotto SMAS. Dasar Metodologi Penelitian . Literasi Media Publishing; 2015.
- Aslan A. Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. J Stud Insa [Internet]. 2019;7(1):20. Available from: https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
How to Cite This
Copyright and Permissions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.